26 Februari 2015

Mobile Photography

Semenjak kini telepon genggam sudah memasuki era smartphone, tiap-tiap ponsel memiliki fitur-fitur yang semakin canggih yang menawan tiap tahunnya. Kek Dian Sastro gitu tuh, makin kesini makin rancak bana, itu kalo kata temen orang Padang, kalo kata temen orang Mandailing jogi nai. Kalo kata temen orang Sunda.. Eh, gak punya temen orang sunda deng. Entar, aku cari temen dulu di Bandung.

Tiap vendor berlomba mengeluarkan produk berkualitas tinggi dengan dukungan kamera yang semakin baik pula. Jika dahulu untuk memotret kita harus memakai kamera yang cukup mahal, membeli roll film, mencetak hasil foto, berat rasanya bagi sebagian orang untuk melakukannya. Ribet! Kamera itu pasti jenis kelaminnya cewek. Soalnya ribet. *dijambak pacar sendiri*

*lanjut ngetik sambil masih dijambak pacar* Apalagi hanya untuk sekadar hobi. Banyak biaya. Tapi tidak lagi. Ya, semakin banyaknya kini handphone dengan kualitas kamera yang baik, membuat banyak orang memiliki hobi baru dalam memotret menggunakan telepon seluler. Memotret hal-hal menarik di sekitar kini menjadi lebih gampang, mudah dan tentu menyenangkan. Sekadar hobi saja atau ditekuni, fenomena ini sedang ramai, biasa kita kenal dengan nama Mobile Photography atau memotret menggunakan telepon genggam. Tidak perlu menenteng kamera yang berat ke mana-mana, capeeek! Apalagi repot memegang kamera yang berukuran lumayan besar. Kita hanya perlu santai dalam memotret menggunakan ponsel ini. Kalau motret memakai kamera kita harus menggunakan kedua tangan, dengan ponsel kita cukup pakai satu tangan. Terus tangan satunya buat apa? Bisa buat gandeng pacar. Gak punya pacar? Kasian ih :(
Buat pegang tangan nenek yang kita bantuin nyebrang juga bisa, terus sekalian difotoin ala-ala #FollowMeTo gitu, khanmaen :))

Namun, meski menggunakan handphone, hasil Mobile Photography ini tidak kalah dengan menggunakan kamera profesional yang harganya jauh lebih mahal. Masih banyak orang yang beranggapan hasil foto yang bagus pasti dari kamera yang mahal, padahal tidak selalu. Menggunakan handphone pun kita bisa menciptakan hasil foto bagus, tergantung kemampuan kita dalam menunggu moment, posisi yang baik, komposisi yang pas dan berbagai tekhnik dasar fotograpi. Dan saat ini lebih gampang lagi karena ada banyak aplikasi edit foto yang bisa langsung digunakan di ponsel. Tanpa harus repot memindahkan file ke laptop lagi untuk mengedit foto tersebut.

Tidak sedikit manusia-manusia berbakat dalam bidang ini bisa menciptakan hasil potret yang mengagumkan walau hanya dengan ponsel saja. Kita akan dibuat heran, dan bertanya-tanya "ini pakai kamera apa, ya?" Padahal foto tersebut hanya memakai kamera ponsel.

Trend ini membuat banyak orang bersemangat mencari objek foto menggunakan ponsel mereka masing-masing. Karena gampang dan asik. Dan hampir di setiap kota di Indonesia kini manusia-manusia yang memiliki hobi  baru yang sama ini membuat komunitas Mobile Photography untuk saling bertukar tentang tips dan trik memotret menggunakan ponsel. Di sini kegiatan ini semakin menyenangkan. Bertemu orang-orang dengan kegemaran sama, hunting foto bersama dan tetap santai. Ketemu temen baru, deketin, jadi gebetan baru, eh, jadi pacar. Hehehehe ^^

Untuk di Indonesia sendiri, kita punya komunitas foto menggunakan ponsel yang sudah memiliki member ribuan orang di seluruh kota di Indonesia. Pasti kalian sudah sering mendengar nama iPhonesia. Dan untuk komunitas lokal Medan ada iMedan. Sedangkan aku, aku ikut gabung di keduanya. 

Bahkan begitu seriusnya bidang foto yang baru ini, sampai diadakannya Mobile Photography Awards yang sudah berlangsung sejak tahun 2011 yang lalu sampai sekarang, namun sedang ramai-ramainya sekarang ini semenjak semakin ramai pula peminat foto menggunakan ponsel di seluruh dunia. Semakin diapresiasinya hasil foto-foto menggunakan ponsel ini, semakin semangat pula kita memotret menggunakan ponsel. Kita merasa dihargain gitu, kan? Bukan seperti gebetan kamu itu, kamunya udah banting tulang kejar sana kejar sini, eh tetap gak dihargain usahanya. Ciyan. Pilih mana, yang ngehargain atau tidak?

Kemanapun kita pergi, handphone pasti selalu ikut serta, bukan? Jika demikian, kemanapun kita pergi, kita bisa menciptakan potret yang baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar